FREQUENTLY ASKED QUESTION (FAQ)

PENERIMAAN MAHASISWA BARU UNIVERSITAS INTERNASIONAL SEMEN INDONESIA

TAHUN AKADEMIK 2019/2020

PENDAFTARAN

Lulusan SMA/ SMK/ MA sederajat tahun 2016 sampai dengan 2018.

Iya, Ujian dilakukan di Laboratorium Komputer UISI dan Sister School yang sudah bekerja sama dengan UISI.

Khusus untuk Wilayah Luar Jawa, akan dipertimbangkan untuk mengikuti Test Online, dengan syarat dan ketentuan berlaku.

Masukkan username : berupa email, dan password yang sudah anda daftarkan.

Peserta dapat memilih program studi sesuai dengan penjurusan (IPA/IPS/Kejuruan) dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Peserta dari bidang IPA dapat memilih sebanyak-banyaknya 3 (tiga) program studi dari semua Fakultas
  • Peserta dari bidang IPS/ Bahasa dapat memilih sebanyak-banyaknya 3 (tiga) kecuali program studi di Fakultas Teknologi Industri dan Agroindustri (Manajemen Rekayasa, Teknologi Industri Pertanian, Teknik Kimia, dan Teknik Logistik).
  • Bidang Kejuruan dapat memilih sebanyak-banyaknya 3 (tiga) program studi sesuai bidang minat
  • Urutan dalam pemilihan program studi menyatakan prioritas pilihan

Untuk mendaftar di UISI terdapat persyaratan bebas buta warna (parsial dan total) untuk peserta yang memilih program studi Desain Komunikasi Visual dan Teknik Kimia.

PEMBAYARAN TES UJIAN SELEKSI MASUK

Untuk jalur Reguler , PMDK Periodik: Rp 300.000,00
Untuk jalur Walk-in Test: Rp 400.000,00

Silahkan lakukan pembayaran dengan datang ke bagian Admisi UISI atau transfer via teller / atm ke Bank Syariah Mandiri.

  • Masukkan Kartu ATM Anda (Hanya untuk Selain Nasabah Bank Syariah Mandiri)
  • Pilih : Bahasa Indonesia
  • Ketik : Nomor PIN ATM
  • Pilih : Menu Transfer
  • Pilih : Menu Transfer ke Bank Lain
  • Masukkan Kode Bank Syariah Mandiri (BSM) yaitu 451
  • Ketik : No. Rekening Univ. Internasional Semen Indonesia yaitu 7111889998
  • Untuk melakukan eksekusi tekan ’YA/ BENAR’, untuk pembatalan tekan ’TIDAK/ SALAH’
  • Silahkan masukkan jumlah transfer/ pembayaran sesuai kode pembayaran dari sistem
  • Mesin ATM akan melakukan konfirmasi Transfer
  • Untuk melakukan eksekusi tekan ’YA/ BENAR’, untuk pembatalan tekan ’TIDAK/ SALAH’
  • Transaksi telah selesai. Data pembayaran secara otomatis akan tersimpan di database UISI

  • Datang ke Cabang Bank Syariah Mandiri terdekat
  • Mengisi formulir setor tunai/transfer/multipayment (warna kuning) dengan mencantumkan Nama Pendaftar di kolom berita acara pada slip setoran (Berita acara: "Pendaftaran UISI Tahun 2019 (Nama Pendaftar)"
  • Lakukan pembayaran ke No. Rekening Bank Syariah Mandiri 7111889998 a.n Univ.s Internasional Semen Indonesia
  • Selanjutnya masukkan jumlah pembayaran sesuai dengan kode pembayaran pada kolom nominal setoran
  • Bayar ke Petugas Teller Bank Syariah Mandiri
  • Petugas Teller Bank Syariah Mandiri akan memberikan bukti transaksi
  • Data pembayaran secara otomatis akan tersimpan di database UISI

Akun yang sudah membayar, akan divalidasi (dalam waktu 1x24 jam; pada hari kerja Senin-Jumat maksimal pukul 16.00 WIB). Jika Anda ingin segera divalidasi lebih cepat, kirimkan foto bukti transfer anda melalui whatsapp (081329266600/ 031 3985482 ext 202) atau ke email: pmb@uisi.ac.id

Kirimkan foto bukti transfer anda melalui whatsapp (081329266600) atau ke email : pmb@uisi.ac.id

Bisa, dan validasi pembayaran akan dilakukan saat itu juga.

PELAKSANAAN UJIAN MASUK (Computer Based Test/CBT)

Kartu Ujian, Kartu Identitas, Alat Tulis, Pensil 2B (Khusus peserta pilihan DKV).

Setelah anda login, akan ada menu mencetak kartu ujian.

Jenis soal yang diujikan adalah TPA (60 Soal), TKD (30 Soal); TKD (Matematika Dasar, Bahasa Indonesa, dan Bahasa Inggris) dalam waktu 90 menit

Anda tidak perlu mengulang soal yang sudah dikerjakan karena jawaban yang sudah diberikan telah tersimpan

Waktu pelaksanaan online test mengikuti jadwal yang telah diberikan oleh panitia

Ada, uji coba akan dapat anda lakukan kapan saja sebelum pelaksanaan Test.

Tidak bisa, apabila anda sudah mengklik tombol NEXT, maka jawaban otomatis telah tersimpan secara permanen.

MEKANISME SELEKSI JALUR UNDANGAN DAN PMDK PERIODIK

Jalur tanpa tes. Peserta mendapatkan notifikasi SMS dari sistem berisi nomor peserta sebagai penanda data yang diinput saat daftar telah diverifikasi. Selanjutnya, panitia akan melakukan seleksi.

Panitia telah mempertimbangkan kriteria-kriteria tertentu sebagai tolak ukur calon mahasiswa yang sesuai persyaratan seleksi.

PROSEDUR DAFTAR ULANG

Biaya daftar ulang yang harus dibayarkan meliputi biaya BIP (Biaya Investasi Pendidikan), IO (Informasi dan Orientasi), dan UKT (Uang Kuliah Tunggal).

Total biaya daftar ulang sesuai dengan kategori hasil tes dan diskon periode berjalan. Penjelasan lengkap ada di Surat Pernyataan 2.

Sesuai waktu yg telah ditentukan dan pengisian kuota berdasarkan yg lebih dahulu melakukan daftar ulang. Kuota akan ditutup sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya

Silahkan cek di alamat ini http://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data

Tidak ada mekanisme cicilan, jadi calon mahasiswa harus membayar biaya daftar ulang langsung 100% sesuai dengan batas waktu yang telah kami tentukan.

Calon mahasiswa harus melampirkan persyaratan pengunduran diri, sebagai berikut:

  • Surat Pernyataan Pengunduran Diri (dapat diunduh di website pmb.uisi.ac.id)
  • Kartu Peserta Ujian Seleksi Masuk UISI
  • Bukti Pembayaran Biaya Daftar Ulang (Asli)
  • Fotokopi buku tabungan (yang digunakan untuk pengembalian biaya daftar ulang)

UISI tidak memiliki ikatan dinas dengan Semen Indonesia Group, namun kami memfasilitasi untuk kegiatan magang ke beberapa perusahaan. Selain itu, bisa direkomendasikan oleh kepala prodi jika IPK tinggi.

Untuk pembayaran daftar ulang harus melalui transfer ke rekening Bank Syariah Mandiri No. Rek : 7111-88-9998 a.n Univ. Internasional Semen Indonesia, karena kami tidak melayani pembayaran secara cash.

Silahkan update informasi di web uisi.ac.id untuk melihat Kalender Akademik.

Tidak, KPS (Kartu Perlindungan Sosial) sebagai penanda rumah tangga miskin. Jika memang tidak memiliki KPS, maka bisa dikosongkan.

  • SELAMAT DATANG DI PMB UISI TA 2019/2020
2019-05-24 17:12:50